Background

Tri Dharma Mahasiswa

Tri Dharma Mahasiswa

Bagi kebanyakan mahasiswa baru istilah Tri Dharma mahasiswa cukup asing di dengar. Alangkah baiknya pengenalan terhadap Tri Dharma mahasiswa dilakukan. Karena Tri Dharma mahasiswa merupakan salah satu kewajiban dan tanggung jawab yang sangat penting untuk mahasiswa. Tri Dharma Mahasiswa merupakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20 ayat 2, disebutkan bahwa perguruan tinggi diwajibkan menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan sejarah yang kita lihat, Tri Dharma mahasiswa ini sangatlah penting dalam membawa perubahan terhadap bangsa dan negara. Oleh karena itu, betapa  pentingnya Tri Dharma mahasiswa ini untuk kita pahami, dan inilah definisinya :

  • Pendidikan dan Pengajaran

Setiap perguruan tinggi menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan dengan kurikulum yang telah disusun secara efektif dan komparatif sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya setiap mahasiswa. Mahasiswa merupakan kaum intelektual di bangsa Indonesia ini. Mahasiswa dan pendidikan tidak dapat dipisahkan. Setiap mahasiswa wajib meningkatkan mutu dan kualitas daya manusia sesuai dengan bidang-bidang ilmu yang mereka dalami dan tekuni. Pendidikan ini juga sangat diperlukan dalam membentuk pola pikir rasional mahasiswa menuju kedewasaan. Dengan pendidikan tersebut, pribadi mahasiswa akan menjadi dewasa.

  • Penelitian

Penelitian merupakan kegiatan yang berupaya dalam menghasilkan pengetahuan baik dari segi teori, metodologi dan kegiatan memperoleh informasi baru atau memperkaya ilmu. Penelitian inilah merupakan bentuk penerapan ilmu yang telah mereka dapat dan telah mereka kuasai melalui pendidikan. Penerapan ilmu ini dilakukan dengan langkah-langkah ilmiah seperti dengan melakukan penelitian. Dengan penelitian ini mahasiswa dapat melakukan pengembangan diri secara ilmiah dan akademis sehingga mahasiswa dapat bermanfaat dalam memajukan peradaban dan kesejahteraan bangsa.

  • Pengabdian kepada Masyarakat

Pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu pengabdian dimana mahasiswa harus membantu masyarakat. Mahasiswa merupakan salah satu bentuk relasi antara masyarakat dengan pemerintah. Mahasiswa adalah yang mengerti dan memahami bagaimana kondisi masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswalah yang harus berperan penting sebagai penghubung dengan pemerintah. Mahasiswalah yang berperan dalam mengkritik berbagai kebijakan pemerintah yang tidak sesuai atau tidak adil terhadap rakyat. Seperti pada Tragedi tahun 1998, tragedi tersebut merupakan salah satu bentuk contoh pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sebagai penghubung dengan pemerintah dalam mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak adil dan tidak menyejahterakan masyarakat.

Tri Dharma mahasiswa ini sangatlah penting untuk diterapkan pada mahasiswa, karena mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa. Namun pada saat ini, Tri Dharma mahasiswa sudah mulai kurang diterapkan, terutama pengabdian kepada masyarakat. Dalam segi pendidikan dan penelitian, mahasiswa sudah cukup berperan aktif walaupun belum maksimal. Kebanyakan mahasiswa terlalu fokus dalam memperkaya ilmu dengan pendidikan dan penelitian yang mereka dalami sesuai dengan bidang yang mereka ambil di perguruan tinggi masing-masing. Sehingga mereka lupa dengan pentingnya  pengabdian kepada masyarakat. Padahal semua pengembangan diri dan ilmu yang mereka dapatkan dan peroleh dari sistem pendidikan dan penelitian itu tidak akan ada manfaatnya terghadap bangsa apabila pengabdian mahasiswa kepada masyarakat tidak dijalani dan ditekuni secara maksimal. Oleh karena itu, alangkah wajibnya setiap perguruan tinggi tidak hanya menekankan pada sistem pendidikan dan penelitian saja, namun juga pengabdian kepada masyarakat, karena mahasiswa merupakan para generasi penerus bangsa.

Categories: Share

Leave a Reply